Najma #21 Month

Assalamu'alaikum duniaaaa....

Udah sangat lama ga nge-blog karena kesibukan klasik ngurusin Najma yang udah tambah gede itu, sesuatu banget ya. Apa kabar nya teman-teman? Ramadhan loh sekarang. Mudah-mudahan lancar ya shaum dan ibadah-ibadah lainnya. Mumpung Ramadhan, kudu tambah lama deh duduk di sajadahnya, bikin hati enak dan damai banget. Udah nyoba belum? Menghisabi diri sendiri di atas sajadah itu kebahagiaan murah meriah banget. :)

Mau cerita tentang Najma ah... Udah gede loh dia, udah 21 bulan. Udah banyak bisanya. Kosakatanya juga udah banyak lah kalau menurut saya, alhamdulillah. Najma udah bisa ngomong ayah, ibu (ternyata doi lebih nyaman manggil saya Ibu ketimbang Bunda, yoweis ga apa-apa), nenek, kakek, mama (itu artinya Najma), mamam, num (minum), susu, angka 1 sampai 7, ayam, bebek, sapi, gukguk (anjing), iyong (kucing meong maksudnya), cicak, dan lain-lain. Banyak juga lagu-lagu yang suka dia dendangkan kalau lagi main. Sekarang sih lagi hobi banget nyanyi 2 mata saya, sama lagu Hujan yang tik-tik bunyi hujan.

Selain itu Najma terkadang suka ngomong 1 kata untuk banyak arti, contohnya Kakut (bisa jadi takut, kaget, sakit) yang diajak ngomong kudu jeli banget yang dimaksud itu apa. Kalau sambil elus-elus dada, kakut berarti kaget. Kalau sambil megang salah satu bagian tubuhnya mungkin kejedug atau apa, kakut berarti sakit. Kalau sambil lari ngibrit, kakut berarti takut. Biasanya kalau doi liat ondel-ondel betawi atau patung manekin. :))

Najma juga masih suka kebalik kalau ngomong, masa Bola sama Balon dibilangnya Bila (untuk bola), Bilon (untuk balon). Jauh kemana-mana ya. Awalnya bingung dia ngomong apa, pas ngomong Bu bila, bila, bila. Untungnya dia sambil nunjuk bola yang lagi dimainin sama anak yang lain. Terus Najma bilang Mobil, itu abih. Jauuuuuhhh banget, kalau lagi nunjuk mobil dia teriak-teriak, Bu abih, abih... Wow, abih.

Mobil ayahnya juga dia udah hafal banget, secara bunyinya mobil perang. Meskipun udah ngantuk-ngantuk di kamar, pas denger mobil ayahnya parkir. Langsung nunjuk, tuuuuhhh, abih ayah, abih ayah. Sambil minta diajak keluar.

Banyak bisanya, jadi banyak juga maunya.. Kadang suka ngomel juga saking susah diajak komprominya anak umur segini. Dia lagi nunjukin segala kebisaannya, rasa ingin tahunya. Oiya, kalau Najma itu suka banget ngomong sambil menghayal. Apalagi sambil pegang buku, jadi dia kaya orang yang sedang cerita. Heboh banget, kaya yang ngomongnya udah bener. Hehehe. Terus dia pinter berteori, contohnya kalau saya bilang " dek, tidak main pintu lemari ya", spontan langsung dia jawab dengan bahasa dia sendiri sambil main mata yang kurang lebih artinya, "emang kenapa bu kalau saya main lemari ini?", saya jawab lagi, "bahaya, nanti kejepit sakit, kakut", lalu dijawab lagi dengan bahasa dia yang panjang lebar seolah-olah sedang berargumen dengan saya tentang konsep kejepit lemari. Jadi seru. Bukan tipe anak yang, "dek tidak main pintu lemari" dia langsung nurut dan pergi ngejauhin lemari. Hehehe.

Punya anak itu, anugrah dari Allah. Anugrah tidaklah murah, ada harga yang harus kita bayar. Contohnya fisik kita, pasti banyak dikorbankan untuk anak-anak kita. Belum lagi buat ibu rumah tangga yang full di rumah demi menjaga anugrah itu, bukanlah untuk bermalas-malasan, seperti saya. Pengorbanan juga harga yang kita bayar untuk sebuah anugrah bernama anak. Pengorbanan atas cita-cita, pengorbanan atas gaya (yang ini ga penting), pengorbanan jauh dari rumah masa kecilnya, dan pengorbanan lainnya. Demi anugrah yang mahal ini, semoga Allah selalu menyaksikan setiap peluh kita ya... Amiiin :))


- Ku saksikan tiap perkembanganmu, semoga kau tumbuh dalam sentosa -

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kolam Renang Puri Bintaro Club House

Mampir Ke Al Kahf Space & Kopi Manyar Bintaro

Cerita Melahirkan Ludi