GA PUNYA ART..? #dontBeSad :)

Assalamu'alaikum dear my blog...

Halah, openingnya udah kaya ngomong ama diary deh. Malam ini saya mau share tentang kegiatan saya setelah ditinggal ART yang terlanjur saya sayangi-sehingga-saya-jadi-patah-hati. Si mbak yang saya sayangi itu pulang kembali ke pangkuan keluarganya, dan mengurus bungsunya yang mau masuk SD -itukatanya-. Jadi saya dan mas harus berbagi tugas demi tetap terjaganya stabilitas kerapihan dan keindahan rumah ini :). Sejak tidak lagi menggunakan jasa ART, pekerjaan rumah tangga otomatis dilakukan berdua, saya dan suami. Urusan yang berat-berat alias pakai tenaga banyak biasanya mas yang lakukan. Seperti menyapu, mengepel dan menguras kamar mandi. Saya kebagian yang paling banyak memang, kan saya yang di rumah, masa iya suami harus bekerja keluar beliau juga yang paling banyak kerja di rumah, saya sih ga tega. Terkadang kalau si mas pulang malam, dan terlihat lelah, nyapu ngepel pun saya kerjakan. Bagi saya pekerjaan rumah ternyata tidaklah berat, selama -ini nih yang penting- Najma ada yang nemenin main.

Sejak tidak ada ART saya rasakan malah hidup saya jadi lebih teratur dengan jam-jam disiplin yang saya buat sendiri. Setelah subuh dan baca Qur'an (ini penting sebagai mood boster setiap hari, setiap pagi), biasanya saya langsung cek cucian piring. Meski malam sebelum tidur piring-piring sudah manis tertata di tempatnya. Kalau esok paginya masih ada, ya cuci piring dulu sebagai pemanasan. Saya mencuci pakaian 2 hari sekali saja, dan sekarang saya menggunakan mesin cuci. Jadi setelah mencuci piring, saya rendam cucian di dalam mesin sekitar 10 menit. Selama saya rendam, jika mas lagi kecapean, saya langsung nyapu. Cepet kok nyapu mah, alhamdulillah rumah yang saya tempati ga bikin energi terkuras habis. Setelah menyapu, saya tekan tombol mencuci. Dan lalalala mesin cuci pun beraksi. Biasanya saya selagi cucian menari-nari segera ambil pel-an untuk ikut menari dengan irama mesin cuci. Hehehehe.

Ngepel selesai, saya masuk dapur untuk membuat sarapan. Nah ini lah pentingnya jadi orang praktis. Alhamdulillah punya suami yang ga rewel soal masakan. Jadi sarapan seadanya juga ga apa-apa. Tapi saya pribadi membiasakan untuk selalu sarapan dan mesti nasi di bawah jam 7, sudah kebiasaan. Kalau tidak dilakukan biasanya saya lemas, dan itu tidak baik untuk saya dan janin kan. Ini untuk saya pribadi, kalau si mas terkadang roti  4 tangkep juga cukup ( yaiyalah, 4 gituloooh :p). Biasanya saya bikin nasi goreng preman, cuman bumbu iris bawang merah-bawang putih-cake keriting-telur-margarin-kecap aja. Makanya saya sebut nasi goreng preman, biar cepet dimakan sama preman kelaparan (baca: saya). Sarapan ga bikin saya ribet kok, stock nugget, stock telur, stock kornet, stock tempe-tahu, jadilah sarapan buat kami sekeluarga. Ini berlaku untuk Najma juga. Jadi sarapan mah yang gampang tapi saya usahakan yang ada kandungan protein, buat energi sampai siang soalnya.

Sarapan kelar, langsung saya makan bersama si mas. Najma di bawah jam 7 pagi biasanya belum bangun. Alhamdulillahnya lagi, ternyata Najma bangun agak siang justru memudahkan saya menyelesaikan urusan 'perumahan' sampai tuntas. Ia biasanya bangun jam 8-an. Setelah sarapan, intip cucian udah cantik banget, terkadang saya minta mas yang bantu jemur, jika nyapu dan ngepel sudah saya rampungkan. Jadi dibikin santai aja, ga saklek. Kalau kira-kira butuh bantuan suami, ya ngomong aja. Toh kerjaan yang diberikan bukanlah pekerjaan dengan waktu yang lama. Setelah jemur cucian, mas biasanya mandi. Dan saya? balik lagi ke dapur menyiapkan menu makan siang sambung malam. Urusan makan siang biasanya saya selesaikan pagi itu juga. Biasanya untuk makan siang saya siapkan yang gampang, karena yang makan hanya saya dan najma. Seperti tumisan dan gorengan. Menu makan siang saya samakan dengan menu makan Najma. Disambi membuat makan siang, saya siapkan kebutuhan untuk makan malam. Yang biasanya saya olah sore hari saat Najma belum bangun dari tidur siang.

Urusan masak memasak biasanya selesai jam 8-an. Jadi Najma bangun, urusan 'perumahan' dan 'permakanan' sudah selesai. Yeeeeeyyyy. Najma bangun artinya giliran nemenin Najma dong ya, dari mulai nyuapin, mandiin, bikinin susu, main, nyanyi, dan lain-lain. Jelang jam 1 siang biasanya si cantik udah ngantuk dan kita sudah stand by di kamar untuk siap-siap bobo cantik. Sebelum tidur saya usahakan Najma makan, atau minimal perut kenyang. Biasanya sih makan lagi, meski hanya 5-6 suap. Saat Najma tidur, saya pun harus tidur. Maaaaa' capek punggung hamba kalau ga istirahat, apalagi sedang membesar gini perutnya, ga mungkin saya ga istirahat, dzalimlah saya pada badan yang tak berdosa ini *lebay.

Jelang ashar saya bangun, untuk shalat dan mengolah makan makan malam yang saya bikin simpel. Seperti bening sayur, sop, balado (yang sudah saya siapkan bumbunya dari pagi), semur, dan lain-lain. Dengan catatan saya suka masakannya, dan ga ribet. Pada akhirnya saya memaknai bahwa makan itu bukanlah pemuasan nafsunya perut, namun makan itu adalah kegiatan mengisi kembali energi yang telah terpakai untuk kegiatan sehari-hari. Makan yang berpahala di sisi Allah, adalah di saat makan kita bisa mensyukuri nikmat Allah atas hidangan dan kemudian yang terpenting menyalurkan energi makanan itu dengan ibadah dan kegiatan yang baik. Pasti dapat pahala deh. Tapi sesekali boleh lah makan yang enak-enak (dan halal) untuk memanjakan lidah. Salah satu bentuk rasa syukur atas keragaman kuliner yang juga karuniaNya bukan..? :)

Najma bangun sekitar jam 4 sore, yang biasanya langsung saya suapi sampai sekitar jam 5. Kemudian mandi, setelah itu kami manfaatkan waktu jelang maghrib untuk bermain di teras atau berkumpul dengan pasukan krucil lainnya. Maghrib tiba, saya shalat dan biasanya tidak lama ayahnya sampai ke rumah. Nah ini lah waktu saya beristirahat. Kalau si mas datang rasanya saya punya teman, setidaknya ada yang nemenin Najma selain saya gitu. Pan eike juga butuh me-time. Nah ini nih, me-time penting banget buat buibu dengan tingkat stress yang tinggi (halah lebay) soalnya yang lain juga pasti setuju. Berada di rumah saja, seharian, ngurusin anak, rumah ini-itu, bikin kadang lelah tak terbantahkan. Ciyus ini mah. Tapi saya sih ga sampai gitu-gitu amat, saya bawa enjoy aja. Tapi tetap saya butuh me-time, lantas apakah me-timenya ibu si Najma yang kece itu?. Ialah.... Mandi...! aha, mandi itu jadi hal yang berharga, mandi dengan khusuk yah. Kan kalau ada bocah mah, kudu buru-buru. Setelah mandi biasanya saya shalat isya dengan mas, lalu me-time lagi, di kamar sebentar 10 menit aja. Biasanya saya... Baca qur'an. Ciyeee rajiiiiiin. Bukan buibu, bukan niat mau syombong atau apalah. Rasanya setelah baca qur'an hati saya tentram, enak banget, apalagi udahannya terus berdoa. Mengingat saya belum istiqamah mengerjakan shalat sunnah lainnya yang di sepertiga malam, maka saya bayar dengan mesra-mesaraan sama Allah di penghujung isya jelang tidur.

Setelah membaca surat cinta dari Maha Cinta itu, saya ngerasa mimpi saya akan terwujud, pekerjaan saya tidak sia-sia, pengorbanan saya akan berbayar, dan yang pasti menghadapi kehidupan rumah tangga dengan positif selalu. Keluar kamar sehabis me-time itu, pasti saya punya senyum lebih manis lagi untuk si mas tercinta, juga saya jadi punya tingkah konyol serta cerita-cerita lagi untuk Najma yang akan terus saya rangkai untuk menemani masa emas-nya. Kalau saya ga punya me-time seperti itu, saya bisa kuyu, loyo, lemes. Karena lelah badan dan pikiran. Begitulah buibu... Coba deh me-time nya saya. Berhubung kalau me-time nya kudu ke mall terus, ke salon terus, kan capek, udah gitu ngabisin duit lagi, hahaha tetep emak irit.

Tapi beneran saat ini saya enjoy banget, karena saya ngerasa hidup jadi lebih teratur, bener-bener ngerasain jadi ibu beneran, saya jadi lebih bisa menghargai sekecil apapun yang hadir. Dulu ada si mbak saya ngerasa ada orang yang saya andalkan dan saya bayar untuk membantu saya, tapi sekarang saya ga bisa begitu lagi. Saya dan mas harus bisa me-manage semua sendiri, bikin saya dan si mas jadi teamwork yang kopak dan mesra. Hehehe. Ditambah lagi dikasih semangat sama tante yang tinggal di LN, saya pasti bisa. Tapi nanti pas perut udah mulai membesar banget, apalagi pasca melahirkan adiknya Najma saya kudu minta bantuan orang lagi nih, karena saya tinggal jauh dari saudara dan kerabat. Nasib, perantau meski beda beberapa kilometer saja. Hehehe. Semangat ibu-ibu.. :D

Oya yang terkahir, sedikit tips nih. Jika tidak punya ART hindari sifap perfeksionis, mengingat kita punya anak kecil yang belum bisa di ajak kompromi. Jadi boleh lah kita bersih oriented, tapi jangan sampai waktu anak-anak lagi asik main, buru-buru diangkat karena kita ga betah lihat yang kotor dan berantakan. Santai ajah, asal ga licin dan jijik (bukan kotoran makanan yang bakal jadi tongkrongannya lalat). Atau kita perfeksionis soal masakan, kita khusuk di dapur demi mendapat masakan yang kita inginkan, tapi si anak main sendirian kelamaan. Kasihan kan. Temani dan stimulasi anak jauh lebih penting loh, Pelukan dan tatapan mesra kita jadi bekalnya memeluk masa depan. Suami pasti ngerti kalau rumah berantakan, asal ga jadi alasan karena kita malas, hehehe. Daripada anak yang jadi korban.

Itu ceritaku, apa ceritamu...? Moms, cung hand siapa yang 'nasib' dan 'rutinitas'nya sama dengan saya.....??? Semangat ya... Sambil mengharap Ridho Allah, kalau para syuhada bisa syahid dengan membawa pedang dan berteriak Allahu Akbar dan surga ganjarannya. Maka kita ibu-ibu bisa juga syahid insya Allah dengan membawa sapu pel-an sambil berteriak... awas Naaaakkk, liciiiiiinn...! hehehe bercanda. Allah mah baik, apa-apa yang kita lakukan akan bernilai di hadapanNya, selama kita mau ikhlas. CUMUNGUDH. :D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kolam Renang Puri Bintaro Club House

Mampir Ke Al Kahf Space & Kopi Manyar Bintaro

Cerita Melahirkan Ludi